13 Desember 2007

“The Doctor“ Valentino Rossi



Valentino Rossi lahir pada 16 februari 1979, di Urbino, Italia. Ia memenangkan GP pertamanya pada umur 17 tahun, titel kejuaraan dunia pertamanya pada umur 18 tahun, dan kejuaraan Motogp pertamanya pada usia 22 tahun. Putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi dan Stefania Palma ini memegang banyak rekor dan prestasi yang diraihnya melampaui banyak seniornya. Ia kini membalap untuk Yamaha dan tinggal di London tengah.

Sewaktu kecil, ia hanya ingin jadi pembalap sepeda tercepat. Impiannya menjadi juara dunia. Tetapi, ia telah meraih lebih dari impian tertingginya: ia mendominasi berbagai kejuaraan, ia mematahkan lusinan rekor, ia mengoreksi batas kecepatan dalam dunia balap motor, dan ia menciptakan tren baru. Ia adalah dewa sirkuit motor, raja MotoGP, penguasa balapan motor.

Pada 2002, saat usianya baru 23 tahun, ia sudah mampu meraih sukses yang belum pernah dicapai siapa pun, memenangkan kejuaraan dunia untuk semua kategori : 125cc, 250cc, 500cc, dam MotoGP. Ia telah menang di level internasional dengan Aprilia, Honda, dan Yamaha.

Ia membalap dan hidup di luar nilai-nilai tradisi. Ia telah mengubah dengan cepat dunia balap motor, menjadi ikon dalam olahraga tersebut. Para pendukungnya mengikutinya di setiap sirkuit seolah ia adalah seorang rockstar.

Ia diidolakan oleh para gadis, para ibu, anak-anak dan orang dewasa, oleh para penggemar dan pengamat. Ratusan ribu pendukungnya berduyun-duyun memadati trek untuk mengikutinya. Jutaan lebih menontonnya di TV, di seluruh dunia.


Pada Mei 2005, ia menerima sarjana kehormatan di fakultas Sains Komunikasi dari Universitas Urbino di Italia. Kita layak berterimakasih atas keahlian berkomunikasinya yang hebat di mana ia telah berhasil dalam menembus batas-batas dunia balap motor.


Dalam karirnya sepanjang GP Rossi selalu memakai nomor 46, ia memakai nomor itu setelah menonton aksi seorang pembalap wildcard Jepang bernomor 46 di TV yang membuatnya terkesan. Apalagi nomor itu juga dipakai oleh Graziano Rossi, papanya ketika memenangkan lomba pertama dengan Morbidelli tahun 1979.
Saat ini ia tetap memakai nomor 46 kebanggaanya itu dan tidak mengikuti juara dunia-juara dunia sebelumnya yang memilih berganti nomor 1 setelah mendapatkan titel juara dunia.


Rossifumi Julukan Rossi yang diciptakan oleh temannya saat Rossi membalap di kelas 125cc julukan ini tercipta karena Rossi kagum dengan pembalap Jepang yang khas dengan rambut panjangnya, Norick Abe yang saat itu berumur 17 tahun dan dengan gigih bertarung dengan Michael Doohan dan Kevin Scwantz dikelas 500cc, karena nama asli pembalap Jepang itu Norifumi Abe maka Rossi dijuluki Rossifumi. Valentinik Julukan ini berasal dari tokoh kartun Daffy Duck yang menjadi superhero yang di Italia bernama Paperinik. Julukan ini dipakainya pada saat membalap di kelas 250cc.


The Doctor
Setelah naik ke kelas 500cc pada musim 2000 Rossi menjuluki dirinya dengan The Doctor karena membalap di kelas 500cc butuh keseriusan dan ia merasa dirinya bukan anak kecil lagi, selain itu ia juga menyukai ide sebagi illmuwan gila dan melakukan eksperimen edan, ia menganggap pantas memakai julukan itu setelah mendapatkan prestasi sebagai juara dunia.”Di balap 500cc kita tidak butuh superhero. Yang kita perlukan cuma tenang, kalem, dan pemikir seperti dokter,”ucapnya. Disamping itu, nama Valentino di Italia kebanyakan digunakan oleh para dokter.

Prestasi:

1985 Go-kart pertama.

1989 Debut balap karting 60cc.

1990 Juara kejuaraan karting regional 60cc, menang sembilan kali.

1991 Peringkat 5 di Kejuaraan Junior go-kart Italia ; pertama terjun dalam balapan minimoto.

1992 Juara Italian minibike Endurance.

1993 Peringkat 12 Italian 125cc Sport Production championship, dengan motor Cagiva.

1994 Juara Italian 125cc Sport Production, dengan motor Cagiva.

1995 Juara nasional Italia 125cc; peringkat 3 125cc Kejuaraan Eropa; peringkat 11 di Kejuaraan, Spanish Open 125cc semuanya dengan motor Aprilia.

1996 Peringkat 9 Grandprix 125cc, Scuderia AGV, peringkat 10 kejuaraan Eropa 125cc dengan motor Aprilia.

1997 Juara Dunia Grandprix 125cc, Nastro Azzurro Aprilia, Meraih 11 kemenangan dari 15 balapan, Termasuk menjuarai GP di sirkuit Sentul.

1998 Runner up Grandprix 250cc, Nastro Azzurro Aprilia.

1999 Juara Dunia Grandprix 250cc, Aprilia Grand Prix.

2000 Runner up Grandprix 500cc, Nastro Azzurro Honda.

2001 Juara Dunia Grandprix 500cc, Nastro Azzurro Honda.

2002 Juara dunia Motogp, Repsol Honda Team.

2003 Juara dunia Motogp, Repsol Honda Team.

2004 Juara dunia Motogp, Gauloises Fortuna Yamaha team.

2005 Juara dunia Motogp, Gauloises Yamaha team.



Sumber:

Otobiografi Valentino Rossi

http://id.wikipedia.org/wiki/Valentino_Rossi


15 komentar:

Anonim mengatakan...

Blognya simple, lumayan menarik, yg jelas jarang aku nemu blog yg berisi ttg ini.

Anonim mengatakan...

bagus jg blog lo.gw salah satu penggemar moto GP.tapi gw minta jangan cuma bahas rossi tapi yang lainnya jg biar seru gitu.jadi semua peserta GP motor bisa orang ttg profilnya kalo perlu yang di bawah GP motor kelasnya.oke.thanks

CemManaHah mengatakan...

jangan lupa juga liat www.cemmanahah.blogspot.com

dewi dan dea

CemManaHah mengatakan...

jangan lupa liat juga www.cemmanahah.blogspot.com

CemManaHah mengatakan...

www.cemmanahah.blogspot.com

buka ya...............

Amal Hafidzh mengatakan...

sayang euy Rossi udah kalah di dua tahun terakhir ^^v, anyway, nice blog bang :)

mampir di

http://lewatibatas.blogspot.com/

thx yah ^_^

Chill Place mengatakan...

dulu jamannya michael schummacher masih berjaya, gw suka bgt ama rossi, skr dia tuh msh juara ngga sih?? apa udh kebalap ama biaggi??
well anyway blogmu udh oke, tp coba tampilin another profile deh spy beragam, ok?
see n post ur comment ke blog gw y!

Anonim mengatakan...

blognya lumayan bgs jg nih,tp klo bs bhas profil org2 yg cukup aneh.knp g bkin profil ttg doni tata,dia cukup bgs jg dibuatkan profilnya.dia kan bkal turun full musim dpan.gw tnggu profilnya.thanks

Anonim mengatakan...

Blognya simple, lumayan menarik, yg jelas jarang aku nemu blog yg berisi ttg masalah ini, n tpi klu tambah lagi pengetahuan pasti lebih cool lagi bro gmana? bgus ga komentarnya???.

Anonim mengatakan...

mantap blogndu e mpal...
background na hitam, tandana orang gak berketombe,hehehe....
rossi, abangta kam ah mpal..
adi banci tolong tamakenndu tokoh-tokoh dunia si berpengaruh ras terkenal mpal, tapi ula gedang2sa tulisenna mpal, latih mbacasa:-)
adi banci singkat jelas, padat,ras menarik ia mpal, oke mpal..saran saja ngenda adi lit salah mohon maaf.okeh..hehehe

Anonim mengatakan...

Blog dah LUMAYAN BAGUS

Jika dilihat dari pengantarnya yang berarti monocrhome hitam putih kenapa kalo tema yang diangkat hitam putih kok gak ada kontra dalam beritanya
mana yang kehidupan hitam/ sisi kelam dalam kehidupan "sedih" "sengsara"

mana yang putih "senang"

Tapi saya salut yang jelas anda berani tampil beda dengan yang lain dan bagus

S E L A M A T

Saul Goorkey mengatakan...

Salam....
Kami mengucakapn trima kasi buat teman-teman yang udah ngasi komen buat blog ini. Dan saran, usul, dan kritikan akan kami trima untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Trima kasih

Saul Goorkey (administraator)

Anonim mengatakan...

Gw gak peduli Rossi juara dunia berapa kali....

yang penting Max "The Emperor" Biaggi selalu dihati...

Salam .\m/

Anonim mengatakan...

datang Ke "Ajazadah.blogspot.com" yah di tunggu....

DUA WAJAH mengatakan...

hohohoh....sayang rossi gak jadi juara dunia lagi!!!!!!

btw mengenai blog ini saya sangat menyukainya...bentuknya yang simpel dan perpaduan berita yang menarik mampu membuat blog ini pantas menjadi salah satu favorit bagi saya!!!!!!!

last hope you'll come to my blog @ :
www.hexartworld.blogspot.com

chieeeeuuuuu......

PISSSSSSSSSSSS.......OUT!!!